Keindahan Wisata Pulau Birah Birahan yang ada di Kalimantan Selatan

Pada artikel kali ini kami akan meguak kasih dan informasi dari tempat wisata terkenal di Kalimantan Selatan yaitu Wisata Pulau Birah Birahan. Pulau Birah Birahan berada di Kotabaru, yang lebih tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Pulau Laut dan Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau indah yang satu ini terbilang masih baru, tak seperti pulau lain yang terbilang popular atau sudah terkenal di seluruh Indonesia yakni Pulau Samber Gelap. Namun keduanya sama – sama sangat mempesona dan tentunya akan memberikan kesan kagum bagi siapa saja yang telah berkunjung serta pulau ini memiliki ciri khas masing – masing yang menjadi keunggulannya.

Rute Menuju Pulau Birah Birahan

Karena Pulau Birah Birahan ini berada jauh di selatan kotabaru, pastinya Anda yang ingin mengunjungi pulau ini akan memerlukan waktu serta biaya yang tidak sedikit. Agar Anda bisa menuju kesana, hal pertama yang harus Anda tuju yaitu dermaga kenyamukan. Dari darmaga yang ada di pulau inilah perjalanan akan dilanjutkan dengan menyewa perahu nelayan disekitar pulau tersebut. Harga sewa dari kapal atau perahu berkisar antara Rp. 500.000,- – Rp. 800.000,- per perahu dengan maksimal di isi oleh 25 orang.

Perjalanan dari dermaga nyamuk – nyamukan untuk sampai Ke Pulau Birah Birahan Kabupaten Kotabaru membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 8 jam perjalanan. Kalau Anda sedang beruntung, Anda akan menjumpai banyak sekali kawanan lumba – lumba yang sedang menyeberangi lautan tersebut.

Rute Alternative

Selain dari Dermaga nyamuk – nyamukan terdapat juga rute alternative yang bisa Anda pilih agar bisa mencapai Pulau Birah Birahan. yaitu dengan melalui Teluk Tamiang, Pulau Sugi atau pun Desa lontar. Rute yang satu ini juga menggunakan Perahu atau kapal nelayan dengan jarak yang tempuh kurang lebih sekitar 2 – 3 jam saja, lebih capat jika dibandingkan dengan melalui Dermaga tergantung, tetapi tergantung dengan kecapatan kapal yang Anda tumpangi, arah angin dan ombaknya.

Lihat Terlebih Dahulu Arah Angin

Agar bisa berkunjung ke Pulau Birah Birahan, maka sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu arah angin. Kenapa harus melihat arah angin? karena pada saat musim angina barat hampir 80% para nelayan tidak akan mau mengantar dikarenakan gelombang laut yang pastinya akan sangat besar.

Memiliki Tiga Zona

Salah satu kelebihan dan keunikan yang ada di Pulau Birah Birahan kotabaru ini adalah banyaknya koral – koral mati yang tersapu oleh ombak sehingga akan membentuk sebuah pulau baru. Tetapi di sayangkan banyak koral mati sampai bisa membentuk pulau seperti ini. Terdapat tiga zona pantai yang pastinya sangat indah dan menawan di Pulau Birah Birahan yaitu Zona terumbu karang, Zona pantai tebing batu dan Zona pantai penuh ganggang.

Dari ketiga zona tersebut, bagi Anda yang memiliki hobi memancing maka bisa memilih zona pantai yang penuh dengan ganggang. Di sana ada banyak sekali ikan yang beragam jenis. Sedangkan untuk Zona Terumbu Karang bisa Anda gunakan untuk melakukan aktifitas snorkeling dan pastinya Anda tidak akan nyesel. Namun, sayangnya Anda harus membawa peratan snorkling sendiri sebab di Pulau ini belum ada yang menyewakan peralatan tersebut.

Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan jangan lupa untuk pergi ke Pulau Birah Birahan ini. Dijamin Anda akan puas dengan pemandangan, keunikan dan kemegahan dengan tiga Zona yang ada di Wisata Pulau Birah Birahan. Liburan Anda akan sangat menyenangkan dengan berlibur di tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *