Cara Perpanjang STNK Tahunan di SAMSAT dan Online

Salah satu dokumen penting kendaraan bermotor adalah STNK atau Surat Tanda Naik Kendaraan. Nah, dokumen ini nantinya harus diperpanjang baik tahunan atau 5 tahunan untuk pembuatan dokumen yang baru. Perpanjangan STNK tentu berkaitan dengan pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Oleh karenanya, mengetahui cara perpanjang STNK adalah hal penting.

Nah, proses perpanjangan STNK tersebut bisa dilakukan di kantor SAMSAT di wilayah masing-masing. Tentu, Anda tidak perlu bingung mengenai cara perpanjangan sehingga harus menggunakan jasa calo yang merugikan.

Secara umum, cara untuk melakukan perpanjangan STNK cukup mudah dan simple. Penasaran bagaimana detail langkah untuk perpanjangan STNK ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Perpanjangan STNK Tahunan

Sebagaimana disinggung di awal, perpanjangan STNK harus dilakukan setiap tahun sekali. Tentu, sebagai masyarakat yang tertib terkait pajak, Anda harus membayarkannya tepat waktu.

Nah, untuk perpanjangan STNK tahunan, kini sudah tersedia kantor SAMSAT drive thru di mana akan memudahkan proses perpanjangan dan akan membuat Anda memiliki banyak pilihan tempat yang lebih terjangkau. Adapun cara atau mekanisme untuk proses perpanjangan STNK tahunan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke kantor SAMSAT atau SAMSAT drive thru yang ada di wilayah Anda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya datang di waktu pagi untuk menghindari antrean yang cenderung terlalu banyak.
  • Langsung menuju ke loket yang sudah disediakan oleh petugas. Dalam hal ini, Anda perlu berhati-hati karena umumnya akan banyak calo yang berkumpul dan seolah menawarkan bantuan pada Anda untuk mendapatkan keuntungan.
  • Minta formulir kepada petugas yang berada di loket untuk melakukan pengajuan perpanjangan STNK. Dalam hal ini, Anda nantinya akan mendapatkan formulir yang harus diisi secara lengkap beserta lampirannya.
  • Isi formulir dengan data yang benar dan tepat. Selain itu, berikan lampiran untuk formulir tersebut. Beberapa lampiran yang dimaksud adalah sebagai berikut:
    • STNK asli sesuai dengan kendaraan dan fotokopi STNK
    • Fotokopi BPKB (untuk motor kredit yang belum lunas, bisa meminta fotokopi BPKB di leasing
    • KTP asli dan fotokopi (usahakan agar alamat dalam KTP dan STNK serta BPKB sama)
  • Setelah itu, cara perpanjang STNK selanjutnya adalah serahkan formulir yang sudah diisi tersebut kepada petugas. Nantinya, Anda akan diberikan slip untuk pembayaran pajak STNK tahunan
  • Bayarkan pajak tersebut di kasir yang telah disediakan dengan jumlah yang sama dengan apa yang tertera di bagian slip pembayaran. Kemudian, Anda nantinya akan diberikan bukti pembayaran pajak. Bukti tersebut nantinya diserahkan ke bagian loket petugas sebagai tanda bukti pengambilan STNK yang baru
  • Tunggu proses tersebut hingga nantinya nama Anda dipanggil dan STNK yang Anda miliki sudah selesai diperpanjang selama 1 tahun ke depan

Nah, beberapa hal di atas adalah bagaimana Anda melakukan perpanjangan STNK di SAMSAT. Jika disimak, proses perpanjangan ini cukup mudah dan simple sehingga Anda tidak perlu menggunakan jasa calo.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perpanjangan STNK melalui drive thru SAMSAT dengan cara yang sama. Bahkan, saat ini, perpanjangan STNK juga bisa dilakukan secara online, meskipun nantinya Anda harus tetap ke SAMSAT untuk pembaruan STNK.

Jika Anda ingin menggunakan cara perpanjang STNK online yang mudah, Anda bisa melakukannya melalui website Blibli.com. Ada kemudahan yang ditawarkan, terutama untuk Anda yang memang cenderung sibuk sehingga tidak sempat untuk pergi dan antre ke SAMSAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *