Cara Memijat Bayi agar Cepat Jalan

Saat ini telah banyak sekali keluhan dan kekhawatiran dari para orang tua, karena sang buah hati yang lambat dalam hal perkembangan motorik yang salah satunya adalah lambat dalam berjalan. Namun, sebenarnya ada salah satu cara alternatif yang efektif agar dapat mengatasi keterlambatan berjalan tersebut, yakni dengan cara memijat bayi agar cepat jalan.

Pada dasarnya, berjalan adalah salah satu tahap dalam perkembangan seorang bayi. Tetapi, tentunya tak jarang dari beberapa bayi yang mengalami keterlambatan dalam hal berjalan, bahkan ada yang masih butuh waktu lebih lama agar dapat berjalan. 

Umumnya, ketika sang bayi menginjak usia 9-10 bulan maka biasanya bayi telah mulai belajar berjalan, dimulai dari menekuk lutut, dititah, serta merayap pada dinding. Nah, saat-saat seperti inilah para orang tua harus lebih aktif dalam melatih sang buah hati agar dapat belajar berjalan, bayi akan mulai berjalan dengan sempurna pada saat ia sudah genap menginjak usia 1 tahun. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, bahwa cara alternatif yang sangat efektif dalam membantu bayi untuk cepat berjalan adalah memijat. Berbagai macam manfaat dalam pijat bayi, juga salah satunya para orang tua harus melakukan pijatan pada kaki. Sebab pijat kaki ini akan membantu dalam segi kelenturan pada persendian pinggul serta lutut agar sang bayi jadi cepat berjalan. Simak cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan berikut ini!

1. Pijat pada bagian paha

Cara supaya sang bayi cepat berjalan yang pertama, yaitu dengan melakukan pijatan pada bagian paha sang buah hati. Pertama-tama para orang tua yang akan memijat harus menyediakan baby oil atau baby lotion untuk digunakan memijat, supaya kulit bayi tidak menjadi lecet atau perih.

Lalu letakkan ibu jari pada bagian pangkal paha bayi kemudian pijat dengan lembut ke arah atas dan ke arah bawah secara bergantian dan berulang-ulang. Lakukan gerakan ini pada kedua paha sang bayi selama 10-15 menit.

2. Pijat bagian tungkai kaki

Selanjutnya Anda para orang tua bisa melatih bagian tungkai atau biasa disebut dengan tumit kaki. Anda bisa melakukan pijatan dengan lembut pada tungkai sang buah hati dengan cara menepuk-nepuknya lembut. Lakukan treatment ini selama kurang lebih 8-10 menit, lalu putar-putar lembut kaki sang bayi dengan mengikuti arah jarum jam dan sebaliknya.

3. Pijatan bagian betis

Pijatan yang dapat Anda para orang tua lakukan dalam membantu merangsang bayi agar cepat berjalan selanjutnya, yaitu dengan cara memijat pada bagian betis sampai telapak kaki. Caranya dengan memijat ke arah atas lalu ke arah bawah secara berulang pada bagian betis.

Anda juga harus melakukan penekanan sedikit dengan menggunakan jempol hingga bagian telapak kaki. Jangan lupa untuk menekan kembali bagian tumit serta bagian telapak menggunakan jari jempol. 

4. Pijatan pada bagian telapak

Bagian telapak kaki bayi merupakan hal yang juga paling penting yang tidak boleh dilewatkan, sebab telapak adalah suatu penopang atau tumpuan saat bayi berjalan. Anda bisa lakukan pijatan seperti menepuk-nepuk serta menekan-nekan dengan menggununakan ibu jari.

Pijat terus-terus bagian telapak kaki bayi selama 10-15 menit. Perlu diketahui, memijat bayi tak hanya bisa membantu membuat ia menjadi cepat berjalan, tetapi juga akan melancarkan peredaran darah sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak di malam hari. 

Nah, itulah cara memijat bayi agar cepat berjalan yang bisa Anda para orang tua lakukan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *